Pencarian

Lempar sepatu ke Bush terus jadi bahan lelucon

>> 09 February 2009

"Jangan melempar sepatu," kata Presiden Brasil Luiz Ignacio Lula da Silva kepada wartawan, Rabu, tiga hari setelah seorang wartawan Irak menjadi terkenal karena melemparkan sepatunya ke Presiden AS George W. Bush di ibukota Irak, Baghdad.

(SurauNet): Kelakar dari Lula, yang disampaikan sambil tersenyum, mengundang gelak-tawa dari insan pers yang berkumpul untuk meliputi pertemuan puncak Amerika Latin di daerah pelancongan eksklusif di pantai di negara bagian Bahia, Brazil timur-laut.

"Sungguh panas di sini," kata Lula, mantan pemimpin serikat buruh yang suka berbicara blak-blakan."Jika anda membuka sepatu, panas Bahia berarti anda akan membuat tempat ini jadi bau busuk," katanya.

Para pemimpin Amerika Latin yang bertemu di Brasil pekan ini tak dapat menahan diri dari membuat kelakar mengenai peristiwa pelemparan sepatuh ke Bush.

Pada pagi harinya, Lula mengancam "akan melempar sepatu ke Presiden Venezuela Hugo Chavez", pengeritik keras Bush di Amerika Latin, kalau pemimpin sayap-kiri tersebut berbicara melewati batas waktu yang ditetapkan.

Para pejabat dari 33 negara Amerika Latin dan Karibia pun tertawa pada pertemuan puncak itu, dan tawa mereka menjadi lambang makin kendornya keterikatan terhadap AS.

Presiden Kuba Raul Castro, dalam perjalan pertamanya ke luar negeri sejak mengambil-alih jabatan dari kakaknya yang sakit, Fidel, awal tahun ini, ikut berkomentar mengenai peristiwa pelemparan sepatu ke Bush.

Ahad lalu, az-Zaidi melemparkan satu sepatunya, kemudian yang satu lagi, ke Bush, saat Presiden AS itu menyampaikan taklimat. "Ini adalah kecupan perpisahan, anjing kau," kata az-Zaidi saat itu.

Melemparkan sepatu ke satu sasaran dipandang sebagai bentuk penghinaan tertinggi dalam budaya Arab. Menyebut seseorang "anjing" --yang dipandang sebagai hewan najis di sebagian dunia-- hampir sama menghinanya.

Bush berhasil mengelak dari kedua sepatu tersebut, tapi peristiwa itu membuat keruh kunjungan terakhirnya ke ibukota Irak tersebut, sebelum meletakkan jabatan Januari 2009.(Antara)

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar/Pendapat Anda...

  © Blogger template Webnolia by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP