Pencarian

Cara Daftarkan Situs ke Mesin Pencari Google, Yahoo dan MSN

>> 01 March 2010

Seperti kita ketahui biasanya setiap orang yang mencari Informasi di Internet dengan cara mencari informasi tersebut dengan menggunakan Fasilitas mesin Pencari / Search Engine dengan cara memasukan keyword-keyword tertentu pada mesin pencari / Search enggine seperti Google, yahoo MSN (LIVE) dan beberapa Search Engine lainnya .

Tentunya sebagai pemilik website (Situs) atau Blogger (Pemilik Blog) pastilah ingin website anda nangkring pada daftar pencarian Search Engine tersebut. Website dan Blog anda bisa masuk daftar pencarian tersebut bila website atau blog anda sudah ter Index pada data base mesin pencari tersebut.

Untuk itu agar website atau blog kita lebih cepat ter index oleh google, Yahoo dan MSN Search Engine kita perlu melakukan langkah Optimasi Search Engine atau lebih terkenal dengan istilah SEO (Search Engine Optimision) . Berikut langkah-langkah yang perlu anda terapkan.
Syarat yang wajib dipenuhi atau dimiliki website :

1. Memiliki Sitemap atau peta situs .

Sitemap atau peta situs ini adalah daftar URL yang ada pada website anda yang akan anda daftarkan ke google, Yahoo, MSN search engine tersebut.

Misal peta situs True Free Download : http://www.irghigovan11.blogger.com

Untuk website yang menggunakan CMS wordpress gunakan Wordpress Plugins yaitu Google sitemap generator untuk membuat sitemap ini secara otomatis.

2. Optimasi Informasi Website Anda

Optimasikan Informasi Website anda dengan menambahkan meta title meta, diskripsion, meta keyword, pada html website anda. Bila anda menggunakan CMS Wordpress silahkan gunakan salah satu plugins SEO wordpress yaitu All SEO in One , Head Space , atau Platinum SEO pack

Daftarkan website anda pada Google

1. Daftarkan website anda menggunakan account google atau gmail di :

* http://google.com/webmaster (English Version) atau
* http://google.co.id/webmaster (Versi Indonesia)

2. Add site atau Tambahkan nama website anda
3. Lakukan Verifikasi dengan menambahkan meta tag code pada HTML code website anda atau upload HTML file yang diberikan pada root hostingan anda
4. Tambahkan URL Site map atau peta situs anda.
Cara daftarkan Website / Blog Ke Yahoo

1. Daftarkan Website / blog anda ke yahoo menggunakan ID Yahoo di :

http://siteexplorer.search.yahoo.com/

2. Tambahkan nama website anda pada menu my site.
3. Lakukan langkah Authentication dengan menambahkan code meta tag pada website anda atau upload Html code yang diberikan pada root hosting anda.
4. Tambahkan Sitemap dengan memasukan URL sitemap anda pada menu feeds
Cara daftarkan Website / Blog Ke MSN ( LIVE.com)

1. Daftarkan website pada MSN search Engine / Windows live menggunakan ID hotmail anda di : http://webmaster.live.com

2. Tambahkan nama Website anda misal www.esc-creation.com
3. Lakukan authentication dengan menambahkan meta tag code pada website anda atau upload HTMl file yang diberikan pada root hostingan anda.
4. Tambahkan URl site map anda

Tunggulah beberapa hari untuk proses index. Bila perlu lakukan resubmit site map /feeds website anda beberapa hari kemudian.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar/Pendapat Anda...

  © Blogger template Webnolia by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP